VISI SEKOLAH
Visi jenjang pendidikan menengah adalah menghasilkan lulusan yang memiliki karakter, kecakapan dan ketrampilan yang kuat untuk digunakan dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar, serta mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi. Sejalan dengan hal tersebut di atas, Visi SMA Negeri I Sakra adalah sebagai berikut :
“Terwujudnya Insan yang Religius, Berbudaya Unggul, Kritis, Kreatif, Kolaboratif dan Mandiri”
MISI SEKOLAH
Dalam rangka mewujudkan visi sekolah, SMA Negeri I Sakra memiliki misi sebagai berikut:
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui keteladanan, pembiasaan dan pengamalan ajaran agama Representasi dari Visi “Religius” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
- Membentuk peserta didik yang memiliki akhlak mulia dengan mengembangkan sikap disiplin, menjaga kebersihan, bertanggung jawab, sopan santun, jujur, dan berinteraksi sosial dengan orang lain secara baik Representasi dari Visi “Religius” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia.
- Membentuk peserta didik yang bernalar kritis dengan memberikan tugas proyek yang harus dilaksanakan selama satu semester agar peserta didik memperoleh dan memproses informasi serta gagasan dengan baik, lalu menganalisa dan mengevaluasinya, kemudian merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya. Representasi dari Visi “Kritis” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah bernalar kritis dan mandiri
- Membentuk peserta didik yang mampu berpikir secara objektif, sistematik dan saintifik dengan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan data dan fakta yang mendukung, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan berkontribusi memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan baru Representasi dari Visi “Kritis” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah bernalar kritis dan mandiri
- Membentuk peserta didik yang bisa menghasilkan gagasan, karya dan tindakan yang orisinil, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Representasi dari Visi “Kreatif” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah kreatif
- Meningkatkan karakter setia kawan dengan membiasakan peserta didik berbagi dengan sesama Representasi dari Visi “Berbudaya” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Berkebhinnekaan Global
- Meningkatkan budaya peduli terhadap kebersihan, keindahan, kesehatan, kerindangan/penghijauan, dan kelestarian lingkungan sehinga tercipta lingkungan sekolah yang hijau, bersih, indah, dan sehat (green, clean, beauty and healthy) Representasi dari Visi “Berbudaya” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia
- Membentuk peserta didik yang memiliki wawasan serta keterbukaan tentang eksistensi ragam budaya daerah, nasional, dan global Representasi dari Visi “Berbudaya unggul” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Berkebhinnekaan Global
- Membentuk karakter peserta didik yang kolaboratif dengan memberikan tugas proyek yang mengharuskan peserta didik bekerja dalam tim Representasi dari Visi “Kolaboratif” Dimensi profil pelajar pancsila yang dikembangkan adalah gotong royong
- Membentuk peserta didik yang memiliki prakarsa atas pengembangan dirinya yang tercermin dalam kemampuan untuk bertanggung jawab, memiliki rencana strategis, melakukan tindakan, merefleksikan proses, dan hasil pengalamannya. Representasi dari Visi “Mandiri” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Mandiri
- Melatih kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan Representasi dari Visi “Mandiri” Dimensi profil pelajar Pancsila yang dikembangkan adalah Mandiri